6 Jenis Ban Menurut Penggunaan

Tire Illustration | Photo by Ildar Garifullin on Unsplash

Dalam seriap kendaraan pasti dibutuhkan komponen berupa ban. Selain sebagai penerus putaran ke permukaan jalan dan penahan beban kendaraan, ban juga berfungsi meredam getaran yang nantinya akan berdampak pada kenyamanan penumpang. Namun dari semua fungsi dasar tersebut, tahukah kalian bahwa ban terdapat beberapa jenis menurut kegunaannya. Dan berikut 7 jenis ban menurut kegunaan nya.

1. Spare tire

Spare Tire | Photo by Jasper Garratt on Unsplash

Kita mungkin bahkan tau fungsi ban ini hanya dari namanya saja. Spare tire digunakan untuk kondisi darurat yang mengharuskan segera dilakukan penggantian. Ada 2 tipe ban cadangan, yaitu full size dan temporary space saver (ban tipe T). Perbedaan yang paling mendasar adalah ukurannya. ban temporer menggunakan ukuran yang lebih kecil dari standar nya dan juga menggunakan velg kaleng. Kecepatannya pun terbatas hanya maksimal 50kpj. Namun yang tipe full size memiliki ukuran bahkan model yang sama dengan ban standar mobil tersebut..

2. Performance tire

Performance Tire | Photo by Spencer Davis on Unsplash

Jenis performance tire menggunakan karet ban yang lebih lunak dan lebih tahan panas dibandingkan dengan karet ban lainnya. Yang bertujuan memberikan traksi jalan yang lebih baik. Ban ini juga mempunyai celah tread yang lebar untuk memompa air keluar dari permukaan saat hujan agar permukaan ban tetap kering. Mobil ber performa tinggi seperti mobil sport atau mobil balap akan sangat cocok menggunakan tipe ban yang satu ini.

3. Comfort tire

Comfort Tire picture by TOYO TIRES

Comfort tire menggunakan karet yang lebih tebal dan celah tread yang lebih rapat dibandingkan performance tire. Tujuannya untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, serta mempercepat aliran udara pada permukaan ban. Dengan rolling resistance yang lebih kecil, prnggunaan comfort tire juga dapat lebih mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi. Mengingat jenis ban tersebut lebih mengutamakan kenyamanan, maka rasio profil juga lebih tinggi. Misalnya 60, 65, 70, dan 75

4.. Eco tire

Eco Tire

Istilah eco tire atau ban ramah lingkungan mulai banyak diproduksi baru2 ini. Ban tersebut turut serta membantu kesinambungan alam, misal dari bahan baku yang dipakai yang menggunakan minyak jagung dalam produksinya. Konsep lainnya adalah rolling resistance yang rendah. Contohnya, jika satu ban biasa dan satu ban eco digelindingkan bersamaan, maka ban eco tyre dipastikan berhenti di titik yang lebih jauh.

Rolling resistance yang rendah turut berkontribusi dalam mempermudah kinerja mesin. Jika kerja mesin rendah, maka konsumsi bahan bakarnya lebih efisien. Jadi dalam hal ini prinsip “eco” tetap berakar pada berapa emisi yang keluar dari kendaraan.

5. Off road tire

Off Road Tire | Photo by NeONBRAND on Unsplash

Ban ini tentu saja efektif digunakan pada Medan off road, dengan ciri khas mempunyai ukuran yang lebih besar dengan tread yang tebal. Terdapat dua tipe pada ban ini. Yaitu All-Terrain (A/T) dan Mud Terrain (M/T). All terrain memberikan kombinasi traksi yang optimal pada penggunaan jalan biasa dan Medan off road. Sedangkan Mud terrain lebih cocok digunakan pada Medan berlumpur. Harga yang ditawarkan juga cenderung lebih mahal dari ban biasa. Jadi buat kalian yang ingin punya SUV atau mobil off road harus siap2 dana lebih untuk ban yang satu ini.

6. Run flat tire

Run Flat Tire | Photo by Will Norbury on Unsplash

Jenis terakhir adalah ban hasil dari perkembangan teknologi masa kini. Run flat tire adalah ban pneumatic yang dirancang untuk menahan efek deflasi ketika tertusuk. Sehingga memungkinkan kalian untuk terus melaju kendaraan tanpa tekanan udara ketika ban mengalami kebocoran bahkan meledak. Namun dibatasi pada kecepatan maksimal 60 – 90 kpj dengan jarak antara 16 hingga 80 km tergantung pada jenis ban. Mobil yang menggunakan ban tipe ini biasanya tidak disediakan lagi spare tire nya. Dinding2 samping yang telah diperkuat akan menopang berat mobil meskipun seluruh tekanan ban telah hilang. Bila kalian menggunakan run flat tire, bahaya yang ditimbulkan bisa diminimalisasikan.

Itulah beberapa jenis tire menurut kegunaannya yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk teman-teman sekalian..

Silahkan tinggalkan komentar di bawah jika ada pertanyaan.. Terima kasih..

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *